Rabu, 18 Mei 2011

Materi ke-10 (Al-Hikam)


Syeikh Ibnu ‘Athaillah As-Sakandary

 “Beraneka warna  Jenis Amal Perbuatan, Kerana Bermacam-macam pula Ahwal (pemberian karunia Allah yang diberikan kepada hamba-Nya)”


Allah tahu percis kelebihan dan kelemahan kita, Allah Maha Tahu semua keadaan mahluknya yang bermacam macam karakter, Karena Allah yang menciptakan..

Dan Allah menjadikan variasi amal..  ini adalah pemberian, khazanah karunia dari Allah SWT..
Karean berbagai macam jenis-jenis pemberian Allah, maka amal juga bermacam-macam.
Ada yang diberikan harta melimpah maka hadiah amalnya adalah sedekah, bagaimana kita mengaggap itu kebaikan kita.. sedangkan rejeki untuk sedekah saja dari Allah..
Kalau Allah menutup rejeki,  tidak  ada uang atau barang untuk sedekah .. 

Tapi tidak semua orang diberi harta melimpah, ada orang yang sedikit rejekinya Allah memberikan pas, tapi dia punya niat.. maka niat juga jadi amal, kita senang “ya Allah teman saya banyak uang dan bisa sedekah, syukur Alhamdulillah saya gembira lihat dia sedekah” .. maka kegembiraan diapun menjadi amal,..

Ada yang diberikan kebenarian dan otot seperti syyaidina hamzah, gagah perkasa seperti benteng ketaton, tapi tidak semua orang seperti beliau, ada yang mungil, lemes, ada yang kakinya kecil, ada yang lumpuh tapi disana dia dapat mendekat kepada Allah dengan amal-amalnya, dia tidak minder, dia tidak berburuk sangka kepada Allah itupun menjadi amal yang membuka karunia Allah pintu ma’rifat..

Ada yang diberi kecantikan oleh Allah, tapi dia sadar kecantikannya bisa  menggelincirkan, maka dia jaga supaya para laki-laki tidak terjungkal hatinya.. remuk imannya, itu juga amal..

Ada juga yang pas-pasan wajahnya seperti kita, tapi tidak minder..
“weeeh kok wajanya kamu item tidak mancung”… ya suka-suka Allah
Tidak apa-apa kita tidak cantik di dunia, malah untung begini adanya.. mudah-mudahan diakhirat jadi bidadari di surga...

SEMUAnya jadi amal.. semuanya kalau kita menyadari.. semuanya karunia dari Allah..

_Perbedaan karunia Allah membuat kita punya kemampuan, berbeda-beda pula amal dalam mendekat kepada Allah_

Tidak ada komentar: