Rabu, 20 April 2011

Wudhu

Arti  Wudhu

Wudhu menurut bahasa artinya bersih, indah, dan bagus
Menurut syara’, wudhu adalah membasuh, mengalirkan dan membersihkan dengan menggunakan air pada setiap bagian dari anggota-anggota wudhu untuk menghilangkan hadas kecil.

Wudu juga dapat diartikan aktivitas membasuh bagian tertentu yang ditetapkan oleh syara’ dari bagian2 anggota tubuh manusia dgn menggunakan air, sebagai persiapan bagi seorang muslim untuk menghadap Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Adapun bagian bagian tubuh yg dimaksud adalah :

1.       Wajah/muka
2.        Kedua tangan
3.       Sebagian kepala/rambut
4.       Dan kedua kaki.

Wudhu’ disyari’atkan bukan hanya ketika kita hendak beribadah, bahkan juga disyari’atkan dalam seluruh kondisi. Oleh karena itu, seorang muslim dianjurkan agar selalu berada dalam kondisi bersuci (wudhu’) sebagaimana yang dahulu yang dilazimi oleh Nabi -Shallallahu alaihi wa sallam- dan para sahabatnya yang mulia. Mereka senantiasa berwudhu, baik dalam kondisi senang atau dalam kondisi susah dan kurang menyenangkan (seperti, saat musim hujan dan musim dingin). Kebiasaan berwudhu’ ini butuh kepada kesabaran tinggi, sebab kita terkadang terserang perasaan malas. Perasaan malas ini akan hilang –Insya Allah- saat kita mengetahui keutamaan wudhu’. 

______________________
1. Kitab Safinah An najah -Sheikh Abdullah bin Saad bin Sumair al-Hadhrami
2. Abdurahman Al-jajri. Al Fiqh 'Ala Al-Madzahib Al-Arba'ah. Dar. Beirut: Al-Fiqr 
3. Asy-Syirozi. Muhadzab Fi Al-Fiqh Al-Imam Asy-Syafi'i. Beirut: Dar Al-Fiqr

Tidak ada komentar: